Tips Memilih Rice cooker

Teknologi merupakan salah satu hal yang dapat membantu untuk mempermudah seluruh aktivitas manusia. Salah satunya adalah aktivitas memasak. Dengan menggunakan teknologi aktivitas memasak yang biasanya membutuhkan beberapa langkah panjang dapat dilakukan dengan mudah dan efisien. Teknologi yang hadir pada alat masak adalah rice cooker. Alat yang satu ini dapat membantu Anda dalam memasak nasi.

Jika secara konvensional memasak memerlukan beberapa tahap. Tahap yang pertama adalah menanak, yaitu proses memasak beras menjadi nasi setengah matang. Lalu proses selanjutnya di lakukan pengukusan untuk mematangkan nasi sehingga nasi menjadi empuk dan enak disantap.

Dengan menggunakan alat rice cooker Anda tidak perlu melakukan dua proses tahapan tersebut. Anda hanya tinggal memasukkan beras dan air secukupnya pada alat. Kemudian dalam beberapa waktu nasi tersebut langsung matang tanpa harus repot memindahkan beras ke dalam dandang untuk mengukus.

 

Selain dari itu rice cooker juga dapat melakukan beberapa fungsi lainnya, diantaranya adalah membuat bubur, mengukus kue, dan juga membuat yougurt. Dengan berbagai fungsi tersebut tidaklah mengherankan jika rice cooker menjadi salah satu peralatan elektronik wajib yang dimiliki oleh setiap rumah.

Cara Memilih Rice Cooker Yang Baik

Jika Anda hendak membeli rice cooker maka perhatikanlah beberapa hal berikut ini agar Anda dapat memperoleh rice cooker yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa hal diantaranya :

  • Aman dan sehat

Rice cooker merupakan salah satu alat yang memudahkan manusia dalam menggunakannya. Salah satu kemudahan yang dimiliki oleh alat yang satu ini adalah kemampuan wadahnya yang anti lengket. Bagian dalam rice cooker menjadi anti lengket karena menggunakan berbagai jenis bahan anti lengket seperti keramik atau teflon. Namun bahan-bahan tersebut dapat juga mengganggu kesehatan manusia, maka carilah informasi sebanyak mungkin dan pilihlah bahan yang aman dan tidak mengganggu kesehatan saat digunakan.

  • Ukuran

Rice cooker memiliki berbagai ukuran yang berbeda. Ada yang berukuran besar, sedang hingga kecil. Sebelum Anda membeli rice cooker pastikan terlebih dahulu rice cooker dengan kapasitas berapa yang Anda butuhkan agar lebih efektif.

  • Daya listrik

Rice cooker merupakan salah satu alat elektronik yang menggunakan daya listrik cukup besar saat digunakan. Sehingga jika Anda menggunakan rice cooker dengan daya tinggi maka tidaklah mengherankan jika tagihan listrik Anda akan lebih membengkak dibanding sebelumnya. Oleh karena itu, pilihlah rice cooker yang memiliki daya listrik rendah untuk menghemat penggunaan listrik Anda.

  • Garansi

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika Anda hendak membeli barang elektronik adalah garansi. Karena barang elektronik sangat rentan terhadap kerusakan. Dengan kehadiran garansi Anda akan lebih nyaman saat terjadi kerusakan. Begitu juga dengan rice cooker. Pilihlah rice cooker yang memiliki garansi panjang, sehingga Anda tidak harus mengeluarkan biaya tambahan ketika terjadi kerusakan.

  • Merek

Berbagai produsen mengeluarkan produk rice cooker dengan spesifikasi dan teknologinya masing-masing. Terdapat berbagai merek terkenal yang mengeluarkan produk rice cooker seperti Philips, Miyako, Sharp, Elektrolux dan juga Cosmos.

  • Budget atau harga

Harga Rice cooker sangat beragam. Harga ini sangat ditentukan oleh berbagai hal seperti merek, ukuran, serta teknologi yang digunakan. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli rice cooker sesuai dengan kemampuan Anda.

Leave a Reply