Sukses Atau Gagal Adalah Pilihan Anda

Sukses Atau Gagal Adalah Pilihan Anda

Saya pernah bekerja dengan dua orang atlet yang memiliki talenta sama dan dua-duaannya sangat berpotensi. Mereka adalah calon-calon atlet terbaik. Impian seorang pelatih. Salah seorang, Ryan, sangat berbakat, tetapi harus berjuang agar tetap dalam pemain grup elit di Negara ini. Dia sedikit berkembang, jika tidak sama sekali, dan setiap sesi latihan menjadi hal yang berat baginya.

Yang lainnya, lukas, berkembang cepat masuk dalam atlet elit. Dia juga memiliki banyak talenta, dan menjadi salah satu yang paling di cari di Negara ini. Selama sesi latihan dengan Ryan, saya terus menerus mendengar di sertai panjang mengenai semua factor-faktor yang memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangannya. Hampir setiap pengaruh luar yang di pikirkan mengganggu orang ini. Ia harus begadang menyelesaikan pekerjaan rumahnya sehingga terlalu lelah untuk berlatih keras seperti seharusnya, ia marah terhadap kekasihnya, ia mengalami cidera, kompetisi yang terlalu ketat di divisinya, dan lain sebagainya. Setiap sesi ia mengeluhkan hal yang sama. Bagaikan rekaman buruk tentang penderitaan.

Saya akui, hal-hal yang menyebabkan Ryan merengek juga mempengaruhi setiap atlet. Saya juga pernah mengalami masalah itu ketika bermain, tetapi perbedaan antara seorang atlet elit dan atlet  “lumayan” adalah seberapa banyak Anda membiarkan factor-faktor tadi  mengendalikan Anda.

Jika Anda terus menerus membuat alasan dan berkata “itu kan…” setiap kali untuk membuat Anda merasa lebih baik, tetapi sisi buruknya adalah Anda menjadi kehilangan control. Ketika membuat alasan Anda melepaskan tanggung jawab, dan tanpa tanggung jawab Anda tidak memiliki kendali. Menjadi seorang pemenang berarti memiliki sikap pemenang dan pemenang mengambil tanggung jawab pada segala hal yang dapat mereka control.

Setiap kali Anda menolak tanggung jawab, Anda menyerahkan control. Satu ons control setara nilainya dengan satu ons tanggung jawab.

Di sisi lain, sesi latihan saya bersama Lukas sangat produktif dan dia jarang membawa factor-faktor yang memberikan pengaruh buruk kepadanya. Sebaliknya dia akan memikirkan gagasan bersama saya dan berbicara tentang metode-metode unik yang ia gunakan untuk menjaga ketajaman fokusnya, timgkat energinya menanjak, dan tujuannya berada di lintasan. Dia tekun menjaga perkembangannya sebagai seorang atlet dan tidak membiarkan pengaruh-pengaruh luar menggelincirkan rencana-rencananya.

Leave a Reply