Penyebab Bayi Enggan Menyusu

menyusui bayi

mamah muda menyusui

Bagi seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui, asupan ASI yang cukup bagi sang buah hati merupakan hal yang sangat penting. ASI merupakan salah satu nutrisi terpenting bayi sebelum memasuki masa disapih. Pemberian ASI dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi, menguatkan tulang, mencerdaskan otak dan yang paling utama adalah menjaga dan menguatkan kasih sayang antara bayi dan ibu.Tidak heran jika ibu melakukan berbagai cara untuk mendapatkan ASI yang melimpah. Namun bagaimana jika ASI sudah melimpah dan bayi enggan menyusu? Bayi mogok menyusu atau nursing srike dapat dialami bayi karena berbagai hal. Mulai dari bayi mengalami tumbuh bahkan hingga bayi mengalami stress. Bayi yang enggan untuk menyusu biasanya terjadi karena ada suatu hal yang membuat bayi merasa tidak nyaman. Lalu, apa penyebab bayi enggan untuk menyusu? Berikut adalah informasi mengenai penyebab bayi enggan untuk menyusu.

Penyebab Bayi Enggan Menyusu

 

  • Merasa Kenyang

 

Jangan langsung khawatir jika bayi Anda enggan untuk menyusu. Bisa saja penyebabnya adalah bayi sudah merasa kenyang. Sebelum memberikan ASI kembali kepada bayi Anda, sebaiknya Anda memperhatikan frekuensi pemberian ASI. Biasanya bayi baru lahir akan menyusu 2 – 3 jam sekali dengan frekuensi 8 – 12 kali dalam sehari. Waktu yang dibutuhkan bayi dalam sekali menyusu sekitar 15 – 45 menit. Seiring dengan pertumbuhannya, intensitas bayi menyusu akan berkurang, bayi membutuhkan asupan nutrisi yang berasal dari selain ASI, yaitu makanan pendamping ASI.

 

  • Posisi Menyusui Tidak Tepat

 

Saat menyusui, Anda perlu memperhatikan posisi bayi. Usahakan bayi berada dalam posisi miring saat menyusu. Letak kepala lebih tinggi dari posisi badan. Posisi yang demikian akan memudahkan bayi untuk menghisap puting dan mengurangi resiko tersedak pada bayi. Coba berbagai macam posisi menyusui yang benar supaya nyaman bagi bayi.

 

  • Tumbuh Gigi

 

Saat bayi memasuki usia 4 – 6 bulan dan tidak mau menyusu, bisa saja sang buah hati sedang tumbuh gigi. Bayi akan merasakan nyeri, gatal dan tidak nyaman sehingga ia enggan untuk menyusu.

Kenali penyebab bayi enggan menyusu agar Anda bisa memberikan penanganan yang tepat.

Leave a Reply