Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah

olahraga ringan

Meskipun kesibukan banyak menyita waktu, Anda tetap harus menyempatkan diri untuk berolahraga. Justru dengan meluangkan waktu sebentar untuk olahraga, badan Anda bisa menjadi lebih bugar sehingga aktivtas di luar rumah akan terasa ringan dilakukan. Kenapa bisa begitu? Tentu saja karena dengan tubuh yang segar setelah berolahraga, Anda tidak akan mudah merasakan capek. Rasa capek terjadi akibat sendi-sendi Anda sedang tegang. Oleh karena itu dibutuhkan pemanasan badan sebelum melakukan aktivitas berat.

Melakukan pemanasan tidak harus dengan gerakan yang berat. Anda bisa melakukan olahraga ringan saja di rumah. Yang terpenting Anda melakukannya secara teratur supaya manfaatnya lebih bisa dirasakan oleh badan. Sebenarnya sudah banyak kelompok senam yang bisa Anda ikuti dengan biaya yang murah, tapi biasanya dilakukan terjadwal. Bagi Anda seorang pekerja yang super sibuk, mungkin akan kesulitan mencari waktu luang untuk mengikuti kelompok tersebut. Nah, jika sudah begitu Anda tak perlu khawatir karena ada alternatif lain yang waktunya lebih fleksibel, yaitu dengan olahraga sendiri di rumah. Ada beberapa gerakan olahraga ringan yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah seperti di bawah ini.

1. Sit Up
Gerakan olahraga ringan satu ini tampaknya sangat simpel sekali. Akan tetapi, apabila Anda dapat melakukannya secara teratur, itu dapat meningkatkan kekuatan kaki dan perut. Gerakan olahraga ini dilakukan dengan posisi tidur terlentang. Kaki Anda akan semakin ramping dan ringan untuk berjalan. Setelah melakukan gerakan ini, Anda dapat beristirahat dengan meluruskan kaki sambil duduk supaya lebih lemas.

2. Pull Up
Pull up termasuk salah satu olah raga ringan yang bisa di lakukan di rumah. Gerakan ini membutuhkan bantuan tiang atau palang yang bisa dipakai untuk bergelantungan. Gerakan ini bisa melatih kekuatan otot bisep dan trisep Anda. Lakukan dengan posisi kaki tidak menyentuh lantai.

3. Push Up
Olahraga ringan satu ini dapat melatih kekuatan otot tangan dan kaki. Selain itu, Anda juga bisa melatih keseimbangan badan. Gerakan ini cukup mudah untuk Anda coba sendiri di rumah. Pertama, posisikan badan dengan tidur tengkurap. Letakkan kedua tangan di samping kanan dan kiri dada Anda. Bagian kaki, kemudian gerakkan kedua tangan mendorong ke atas. Untuk perempuan biasanya kaki dilipat menyilang dan agak ditekuk sedikit supaya tumpuannya tidak terlalu berat.

Selain beberapa gerakan olahraga ringan di atas, Anda bisa lakukan gerakan lainnya, seperti pilateli, lari kecil di tempat, ataupun gerakan ringan yang lainnya. Cukup mudah sekali bukan untuk dicoba. Anda akan semakin semangat apabila dilakukan bersama-sama dengan banyak orang. Dengan begitu tubuh Anda semakin sehat dan terlihat proposional. Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi Anda semua ya.

Leave a Reply