Menulis Sendiri Memang Enak Cuma Yah itu

Kata-katanya itu-itu saja. Memang sih bisa saja diubah alur ceritanya, jadi cerita apa saja. Cuma ada juga titik jenuh pada saat menulis sendiri. Seperti pada tulisan ini. Memang enak menulis sendiri itu. Sayangnya harus pandai memilah dan memilih kata-kata apa yang akan disampaikan. Itu sebabnya ada istilah pendekar kata.

Boleh dibilang arti si pendekar kata adalah penulis yang berusaha merangkai tulisan dengan kata-kata yang berbeda di setiap barisan kalimatnya. Karena memang semakin banyak orang memiliki kosa kata, semakin cerdas atau pintas orang tersebut. Maksudnya orang tersebut banyak menghafal kosa kata yang ada. Khusunya kosa kata bahasa Indonesia jika tulisan itu dalam bentuk bahasa Indonesia.

Dalam ilmu matematika, mesti satu tulisan itu tidak sama, tapi bisa dihitung berapa persentase kemiripannya. Cuma ya itu, meski kata-katanya sama, belum tentu maksudnya sama. Nah si komputer tidak paham apa maksud kalimat yang sama dalam sebuah tulisan. Komputer hanya tahu menghitung dengan alogoritma yang sudah dibuat sedemikian rupa untuk memeriksa apa tulisan itu sama dengan tulisan lain atau tidak.

Menulis Sendiri Memang Enak Cuma Yah itu Ilustrasi

Menulis Sendiri Memang Enak Cuma Yah itu Ilustrasi

Menulis sendiri itu harus bisa dan kaya dengan ide-ide yang akan dibahas. Ada yang bilang mencari ide itu sulit. Bahkan sudah banyak buku yang menceritakan bagaimana caranya agar terus produktif menulis.

Teori lain, tulisan itu memang ditujukan untuk maksud yang berbeda-beda. Misalnya jika tulisan itu untuk pada ahli atau profesor, tidak usah heran bakal muncul istilah yang aneh-aneh dalam tulisan itu. Nah sayangnya untuk menulis tulisan ini, butuh waktu yang lama. Beda dengan tulisan yang hanya ditujukan sebagai bacaan ringan atau mungkin tidak perlu dibaca. Bobot tulisan itu lebih ringan dibandingkan tema tulisan yang ditujukan untuk kalangan kampus atau akademisi.

Nah setelah menjelaskan singkat, setidaknya tulisan ini adalah gambaran untuk terus menulis dengan semangat. Meski ada kemungkinan tulisan yang ada mungkin sebelumnya sudah ada tanpa kita ketahui. Dengan menulis sendiri, artinya ide yang ada itu setidaknya berbeda dengan ide tulisan yang sudah dipublikasikan.

Leave a Reply