Membersihkan RAM pada PC Laptop dengan Efektif

Membersihkan RAM pada PC Laptop dengan Efektif

Random Access Memory atau yang sering kami sebut bersama RAM adalah salah satu komponen hardware penyimpanan pada perangkat komputer yang berguna untuk menyimpan data secara pas seelum di proses oleh CPU dan data yang anda di di dalam RAM berbentuk tidak tetap.

Jenis – jenis dan spesifikasi RAM terhitung tidak sama – beda. Jenis – jenis RAM yaitu DDR2, DDR3, DDR4, Sodium dan lain sebagainya. Dan tetapi spesifikasi RAM yaitu berbentuk speed, timng dan tetap banyak lainnya.

Di Indonesia sendiri mayoritas pengguna komputer dan laptop rata – rata manfaatkan RAM berkapasitas 2GB sampai 4GB yang telah memenuhi untuk pemakaian sehari – hari. Namun kenapa bersama kapasita yang telah cukup berikut seringkali kapasitas RAM cepat full? Contohnya pada usagM yang full ketika di membuka di task manager padahal anda tidak Mengenakan apapun.

7 Cara Membersihkan dan Melegakan RAM
Nah, maka dari itu mastekno bakal memberikan sebuah artikel berkenaan langkah memberi ruang atau space pada RAM anda supaya RAM anda bakal semakin lega dan terhitung bakal membahas berkenaan penyebabnya. Untuk lebih lengkapnya, yuk kami liat artikel berikut ini.

#1. Install Ulang Sistem Operasi & Format Harddisk

Salah satu solusi yang dapat anda cobalah yaitu bersama menginstall ulang proses operasi anda dan terhitung memformat harddisk pada komputer atau laptop anda. Karena bersama lakukan hal berikut harddisk anda bakal terbebas dari file virus yang secara diam – diam memakan resource RAM anda.

Namun terkecuali anda cuma lakukan install ulang bersama memformat drive siste saja, maka hasilnya beberapa hari lantas komputer atau laptop anda bakal terinfeksi oleh virus yang bakal memakan resource RAM anda bersama cepat. Hal berikut dapat berjalan gara-gara kami tidak mengetahui drive mana yang telah terinveksi virus.

#2. Disable Aplikasi & Startup Service

Pada sebuah komputer atau laptop umumnya terkandung aplikasi dan cara menjadi agen pulsa startup pelayanan yang secara otomatis bakal terbuka terkecuali komputer anda pertama kali di hidupkan yang bakal berjalan di background, supaya hal berikut bakal merubah kapasitas RAM anda.

Anda dapat mendisable aplikasi dan layanan berikut bersama langkah tekan paduan tombol Windows+R > ketik Msconfig > klik tab startup > lantas disable aplikasi yang tidak di perlukan. Namun, terkecuali anda pengguna Windows 10 anda dapat mendisable melalui task manager. Kemudian masuk tab pelayanan windows bersama langkah beri centang pada “hide all microsoft windows service”, selanjutnya klik disable.

#3. Lakukan Scaning Virus

Perlu anda ketahui, virus terhitung dapat sebabkan kapasitas RAM anda semakin menipis. Walaupun pada umumnya virus umumnya di buat mempunyai tujuan untuk menginfeksi file – file bahkan sampai jadi mata – mata pada komputer yang telah terinfeksi. Karena virus berjalan di background, maka umumnya kami tidak bakal mengetahui terkecuali komputer kami sedang terinfeksi virus dan terhitung bakal memakan kapasitas RAM anda.

Namun, untuk virus yang memakan kapasitas RAM yang cukup besar, umumnya dapat terdeteksi di task manager, gara-gara umumnya virus berikut bakal memakan lebih banyak resource RAM anda di bandingkan bersama aplikasi – aplikasi lainnya yang sedang berjalan.

Salah satu virus yang berjalan umumnya bernama svchost atau sejenisnya. Jika anda komputer anda telah terinfeksi virus tersebut, maka komputer atau laptop anda bakal susah untuk di perbaiki. Maka solusi yang paling pas yaitu bersama lakukan secaning virus secara menyeluruh. Jika anda bakal lakukan secaning, pastikan anda melakukannya melalui safe mode, gara-gara aplikasi maupun drive tidak bakal berjalan pada safe mode.

Hal berikut di lakukan supaya tidak berjalan masalah pas lakukan proses scaning. Dan pastikan virus yang berada di komputer anda telah benar – benar hilang pas selsai di restart. Namun, langkah ini cuma dapat di lakukan terkecuali virus belum menginfeksi file proses pada komputer anda. Jika selalu di lakukan maka dapat jadi bakal menyebabkan kerusakan file proses pada komputer anda.

#4. Kurangi Visual Effect pada Windows

Pada Windows bersama versi Windows 7 ke atas, umumnya miliki fitur visual effect yang dapat memperindah tampilan Windows anda. Namun, terkecuali anda manfaatkan fitur ini, maka kapasitas resource RAM bakal semakin sempit. Maka langkah mengatasinya yaitu anda wajib mematikan effect berikut supaya kapasitas RAM anda bakal semakin lega.

Anda dapat menonaktifkan fitur visual effect bersama langkah masuk System Properties > Advanced System Setting (pada anggota kiri) > klik Setting pada anggota Performance. Selanjutnya untuk menonaktifkan fitur visual effect hilangkan centang pada dampak visual.

#5. Gunakan Aplikasi Pengoptimasi RAM

Banyak sekali aplikasi – aplikasi pengoptimasi RAM yang dapat mendukung anda menghentikan proses aplikasi yang berjalan secara otomatis, supaya kapasitas RAM anda bakal semakin terjaga. Anda dapat manfaatkan aplikasi ini terkecuali anda membutuhkannya.

Anda dapat mencari aplikasi pengoptimasi RAM yang telah banyak tersebar di Google bersama langkah mengetikan kata kunci “Aplikasi pembersih RAM pada Windows”. Karena langkah ini berbentuk optional, maka anda dapat menghentikan aplikasi secara manual melalui task manager.

#6. Uninstall Aplikasi yang tidak Diperlukan

Dengan meng uninstal aplikasi – aplikasi yang tidak di perlukan pada komputer atau laptop anda maka anda tidak bakal cemas ulang bersama aplikasi yang berjalan dan memakan kapasitas RAM anda. Caranya terlampau mudah yaitu bersama masuk ke Control Panel > Program and Features > Uninstall Program. Mudah bukan?

#7. Upgrade RAM

Mengupgrade RAM pada komputer pada laptop anda merupakan langkah terahir untuk menambah dan memperlega kapasitas RAM anda. Cara ini dapat di lakukan terkecuali sebetulnya kapasitas RAM anda telah terlampau penuh dan telah tidak dapat ulang menampung keperluan kita.

Opsi mengupgrade RAM sebetulnya tergantung dari keperluan saja. Jika anda miliki keperluan yang standar ataupun bermain game saja, RAM bersama kapasitas 8GB telah cukup untuk memenuhi keperluan anda.

Berbeda bersama keperluan lain seperti seorang Desain Grafis yang banyak sekali manfaatkan kapasitas RAM gara-gara wajib menamilkan grafis – grafis yang berat dan wajib miliki sebuah komputer yang multitasking maka kapasitas RAM yang di butuhkan sekurang-kurangnya 16GB.

Namun, terkecuali anda pengguna laptop, anda wajib membaca lebih-lebih dahulu buku saran untuk mengupgrade RAM laptop anda supaya tidak berjalan kesalahan di dalam pilih jenis RAM, kalu anda bingung maka upgrade RAM ke tempat pelayanan laptop terdekat.

Keadaan RAM yang optimal tergantung dari software dan terhitung langkah pemakaian komputer atau laptop itu sendiri. Jika miliki kapasitas RAM yang besar tapi tidak di optimalisasi, maka belum tentu keadan RAM anda bakal lega. Maka dari itu kami wajib memelihara supaya terkandung ruang kosong pada laptop atau PC anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply