Manfaat Yoga Pada Wanita

YogaYoga sangat bermanfaat bagi wanita karena tubuh mereka mengalami berbagai perubahan biologis saat mereka bergerak melalui berbagai tahap kehidupan; dari masa kanak-kanak sampai remaja ke ibu dan juga karena mereka memainkan berbagai peran mereka dalam masyarakat.

Yoga selama masa kanak-kanak

Yoga sangat bermanfaat bagi anak-anak karena membantu menjaga mereka tetap aktif sehingga mencegah kegemukan pada masa kanak-kanak, itu membantu mengurangi stres yang disebabkan oleh rutinitas sehari-hari pergi ke sekolah, membaca, bermain dan mengikuti kehidupan sibuk orang tua mereka, itu membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri anak-anak ketika mereka berinteraksi dengan teman-teman mereka dan juga meningkatkan konsentrasi dalam studi. Secara fisik, mereka mengalami peningkatan fleksibilitas, peningkatan kekuatan, tingkat koordinasi yang lebih tinggi dan lebih sadar akan tubuh mereka. Rasa tenang dan relaksasi mereka juga meningkat. Mereka mengembangkan hubungan intim dengan diri mereka sendiri dan dunia yang mengelilingi mereka.

Yoga saat remaja

Yoga sangat bermanfaat bagi seorang gadis selama remaja karena ini adalah saat ia mengalami percepatan pertumbuhan dari kecil hingga dewasa. Selama ini, banyak perubahan terjadi padanya secara fisik dan psikologis. Berlatih yoga selama periode ini membantu membangun kesadaran tubuh sehingga membantu gadis remaja memiliki citra tubuh yang positif. Ini meningkatkan fleksibilitas ketika tulang tumbuh lebih lama dan otot mengencang. Ini mempromosikan postur yang lebih baik dan mengurangi kesadaran diri pada gadis remaja sehingga membantu untuk merangkul tubuh berubah secara positif. Ini membantu dalam membangun kepercayaan diri dan cara dia berhubungan dengan bagian dunia lainnya. Ada kontrol emosi dan oleh karena itu efek dari perubahan suasana hati yang lebih umum dialami selama waktu ini berkurang. Teknik yoga juga membantu dalam mengontrol rasa sakit yang dialami selama menstruasi.

Yoga saat menjadi ibu

Yoga memiliki berbagai manfaat selama kehamilan. Teknik pernapasan membantu meningkatkan aliran oksigen dalam tubuh yang bermanfaat bagi ibu dan anak. Yoga membantu menjaga otot punggung tetap kencang dan sehat serta mampu mendukung pertumbuhan anak di dalam rahim. Selama persalinan, teknik pernapasan terkendali mengurangi rasa sakit dengan menenangkan pikiran. Setelah melahirkan, yoga membantu dalam mengatur berbagai emosi yang dialami dan dengan demikian membantu dalam menjaga sindrom ‘baby blues’ di teluk. Tingkat stres berat yang dialami saat merawat bayi juga berkurang dan ini meningkatkan ketenangan dan kedamaian pikiran sehingga meningkatkan produksi ASI. Seorang ibu yang bahagia sama dengan anak yang bahagia dan rumah yang bahagia.

 

Leave a Reply