Manfaat yang tersembunyi dari daun sirih

Tanaman sirih bisa kita jumpai di seluruh tempat diIndonesia, ya karena tanaman yang satu ini merupakan asli dari Indonesia. Sirih atau sering juga disebut dengan Piper betle leaf merupakan tanaman Fitofarmaka, yaitu tanaman yang sudah terdaftar sebagai salah satu tanaman obat herba yang diakui oleh BPOM RI. Ada beberapa tanaman Fitofarmaka, dan diantara tanaman tanaman tersebut adalah tanaman sirih.

Kandungan tanaman sirih / daun sirih

Membahas lebih jauh mengenai tanaman sirih tentu ada sesuatu kandungan yang dimilikinya sehingga tanaman tersebut mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Berbagai penelitian telah dilakukan dan diketahui bahwa tanaman sirih baik daun ataupun batangnya mengandung beberapa kandungan antara lain alkanoid, flavonoid, minyak Atsiri, senyawa fenolik dan vitamin C. Beberapa kandungan yang dimilikinya tersebut termasuk zat yang memiliki sifat penangkal bakteri. Untuk itu banyak manfaat yang dapat diambil dari tanaman yang satu ini, dan berikut beberapa manfaat tanaman sirih untuk kesehatan.

1. Untuk masalah kewanitaan

Daun sirih sering kali dimanfaatkan untuk kesehatan organ intim seorang wanita, daun ini juga kerap kali digunakan sebagai bahan dasar produk produk perawatan organ intim seorang wanita. Ya karena daun ini mengandung beberapa kandungan anti bakteri sehingga berguna untuk perawatan masalah tersebut.

2. Mengobati sakit/iritasi pada mata

Mata merupakan salah satu panca Indra yang sangat penting, tanpa mata kita tidak dapat melihat dan melakukan aktifitas keseharian. Mata merupakan bagian tubuh yang rentan dengan polusi, salah satunya adalah debu yang mudah masuk ke mata sehingga menjadi iritasi. Tahukah anda bahwa dengan memanfaatkan rebusan daun sirih dapat mengobati iritasi atau peradangan yang terjadi pada mata, kita dapat merambang mata dengan rebusan daun sirih tersebut.

3. Mengobati sariawan dan menghilangkan bau mulut

Kegunaan daun sirih selanjutnya adalah untuk mengatasi sariawan serta mencegah dan menghilangkan bau mulut. Sariawan bisa disebabkan karena kurangnya vitamin C, untuk itu kita dapat berkumur dengan rebusan daun sirih untuk mengobatinya. Selain mengobati sariawan berkumur dengan rebusan daun sirih juga dapat mencegah serta menghilangkan bau mulut, karena bau mulut sendiri disebabkan oleh sisa sisa makanan dan bakteri. Sedangkan rebusan daun sirih mengandung beberapa senyawa anti bakteri, sehingga berguna untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

4. Untuk ramuan mengatasi ejakulasi dini

Ternyata daun sirih bisa dimanfaatkan seorang pria untuk mengatasi masalah ejakulasi dini, daun sirih yang ditumbuk bisa digunakan sebagai ramuan ejakulasi dini. Seorang pria dapat memanfaatkan daun ini dengan cara menumbuk kemudian membalurkannya pada organ intim, ini dilakukan setidaknya 1 jam sebelum berhubungan intim, dan harus dicuci bersih terlebih dulu sebelum berhubungan intim.

5. Menyehatkan gigi

Daun sirih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi lho, hal ini terbukti dari kebiasaan nginang yang dilakukan oleh nenek nenek jaman dahulu. Coba anda perhatikan gigi nenek yang mempunyai kebiasaan nginang, pasti gigi yang mereka miliki masih terlihat sehat dan utuh meski usia mereka sudah lanjut. Seperti yang kita tahu bahwa daun sirih mengandung senyawa anti bakteri, sehingga dapat menjaga gigi tetap sehat dan tidak mudah keropos.

Itulah 5 manfaat daun sirih yag paling populer dikalangan masyarakat, namun sebenarnya selain kelima manfaat diatas masih ada beberapa kagunaan daun sirih untuk kesehatan tubuh seperti meringankan asma, diare dan asam urat. Artikel mengenai manfaat daun sirih diatas juga ditulis diwebsite alodokter.com. Cukup sekian semoga informasi diatas bermanfaat.

Leave a Reply