Ekspor Mobil Ke Selandia Baru Terhambat Kutu Busuk

sewa mobil malangSebuah berita yang aneh tapi nyata datang dari Selandia Baru dimana mobil-mobil yang di ekspor kesana telah terhambat oleh kutu busuk. Dan akibat insiden ini, pasar mobil di negara tersebut telah mendapatkan ancaman yang serius karena mobil yang akan dijual tidak dapat masuk, padahal sektor ini telah menyerap ribuan tenaga kerja.

Berita berawal dari temuan yang didapat oleh otoritas Selandia Baru yang menemmukan banyaknya kutu busuk, serangga yang mempunyai warna khas coklat, di kapal yang mengangkut expor mobil dari Jepang. Tak tanggung-tanggung, mobil yang diangkut adalah 12.000 buah dan diangkut oleh 3 kapal. Akibat temuan tersebut, kapal tersebut dilarang untuk bersandar di dermaga Selandia Baru dan diminta untuk difumigasi untuk membasmi serangga tersebut.

Informasi ini disampaikan oleh radio Selandia Baru yaitu NZ Herald, dan di negara ini tidak ada fasilitas untuk bisa membasmi serangga tersebut. Walhasil kapal-kapal itu akhirnya terkatung-katung di lepas pantai di lautan Pasifik dengan tak tentu arah.

Serangga menyebalkan ini merupakan binatang yang berasal dari Asia Timur. Meskipun demikian telah tersebar ke seluruh dunia dan dapat terlihat di benua Eropa maupun benua Amerika. Dia menjelma menjadi hama yang sangat dimusuhi oleh petani buah-buahan di wilayah manapun. Bila terjadi serangan oleh hama ini, pepohonan akan mengalami kematian dan buah-buahan akan mengering karena cairannya disedot.

Sektor sayur-sayuran dan buah-buahan di Selandia Baru bisa mengalami kehancuran, demikian pendapat dari Stuff.co.nz, yang menyebabkan otoritas negara tersebut mengambil langkah radikal. Kutu busuk memang sangat menyebalkan, dan bagi mereka yang mempunyai usaha sewa mobil Malang merupakan suatu keharusan untuk menjaga kebersihan mobil mereka dari hama ini.

Seorang pejabat dari Selandia Baru bernama David Vinsen yang bertanggung jawab untuk masalah impor mobil ke negara tersebut, menyampaikan pendapatnya pada Radio NZ bahwa insiden itu bisa membuat para pengusaha ekspor mobil berpikir dua kali untuk mengirimkan kendaraan mereka ke negara tersebut bila ada larangan untuk tidak bisa bersandar ke dermaga. Dan akibatnya akan berantai, dimana para pekerja di sektor pasar mobil akan mengalami pengangguran.

Bagi Selandia Baru bidang pertanian adalah bidang yang amat krusial bagi negara tersebut. Kementrian Industri yang bertanggung jawab atas hal ini telah menerapkan dengan disiplin sebuah undang-undang yang menangkal semua tipe dari binatang yang bisa mengancam sektor pertanian masuk ke Selandia Baru. Bahkan, bila binatang tersebut dibawa oleh manusia, maka tetap hal ini akan terkena undang-undang.

Dan yang membuat semua hal menjadi tambah rumit adalah untuk membasmi binatang tersebut kadang menggunakan sebuah kimia yang bernama metil bromida, sebuah cairan yang dapat menghancurkan jok mobil hingga benar-benar hancur! Namun karena kondisi yang genting, pemerintah sedang menimbang-nimbang untuk menggunakan pembasmi alternatif yang sebelumnya telah dilarang di negara tersebut yaitu sulfuryl fluorida. Namun belum diketahui bagaimana akhir dari insiden ini.

Leave a Reply