IT Dengan Cloud Computing

cloud services

Sekarang ini sudah merupakan zaman yang sangat modern yang semuanya serba instan dan mudah seperti misalnya komunikasi dengan orang jarak jauh. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk hal tersebut merupakan salah satu yang terdapat dari layanan cloud. Cloud computing sendiri merupakan suatu teknologi terkini yang merupakan sebuah gabungan dari pemanfaatan teknologi computer dan dengan menggunakan pengemban yang berbasis internet. Dimana cloud atau awan tersebut merupakan suatu metafora dari internet dimana digambarkan sebagai diagram jaringan computer atau merurapakan suatu teknologi yang mempunyai suatu infrastruktur yang cukup kompleks yang dapat disembunyikan. Sehingga cloud computing ini merupakan suatu teknologi informasi yang disajikansebagai suatu layanan sehingga para pengguna dapat mengakses layanan ini dengan menggunakan internet.

Perusahaan Pengguna Cloud Computing

Cloud computing  ini sekarang sudah menjadi suatu layanan yang banyak dinikmati oleh pembisnis karena dapat menjadi suatu hal yang akan memberikan banyak sekali keuntungan bagi penggunanya. Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang berada pada dunia IT atau Information Technology ini menggunakan cloud computing dan bekerja sama untuk menyediakan suatu layanan solusi total cloud services secara end to end terhadap pelanggannya dengan memperhatikan kebutuhan pelanggan. Dikarenakan banyaknya persaingan yang cukup ketat dapat membuat perusahaan dan para pembisnis untuk beralih ke dunia cloud computing yang bisa memberikan keuntungan dalam mengatur kebutuhan server virtual. Banyak perusahaan yang lebih memilih untuk mencari penyedia yang dapat memberikan kebebasan karena dianggap lebih sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dalam hal ini ada beberapa layanan yang diberikan yaitu cloud server yang terdiri dari layanan pulic cloud dan juga layanan private cloud. Untuk layanan public cloud sendiri merupakan suatu layanan yang menyediakan infrastruktur IT yang cukup multi-tenant dengan perangkat virtual server yang juga dapat diakses melalui jaringan internet ataupun melalui suatu jaringan private. Sedangkan untuk layanan private cloud sendiri merupakan penyediaan infrastruktur IT yang menggunakan perangkat IT dedicated untuk satu perusahaan yang dapat diakses baik itu dengan melalui jaringan internet ataupun dengan menggunakan jaringan private.

Leave a Reply