Apa Penyebab Banyak Orang Gagal Saat Memulai Bisnis?

Apa Penyebab Banyak Orang Gagal Saat Memulai Bisnis?

Beberapa orang yang menginginkan mulai usaha tapi senantiasa tidak berhasil. Kegagalan itu lalu melahirkan seperti kebuntuan sampai tidak sedikit yang putus harapan mulai usaha.

Sesungguhnya, apa sich kegagalan-kegagalan paling utama yang dikerjakan seorang waktu mulai usaha?

Vice President Business Development Lima Group, Agni Pratama menjelaskan, satu diantara penyebabnya paling utama kegagalan yaitu tidak mengetahui rantai nilai serta ekosistem.

Dalam melakukan bisnis, kata dia, mesti ada aspek rantai penyuplai, aktor pendukung serta regulasi.

“Rata-rata (tidak berhasil) karna tidak kenal. Telah milih (usaha) kayu, nyatanya ada regulasi kalau kayu tidak penuhi sustainability standar. Tidak berhasil. Atau telah milih export nyatanya ada kuota, standard internasional. Dia tidak tahu,” tutur Agni dalam workshop Local Market di Oakwood Suites, Jakarta Selatan.

Diluar itu, start up sering jalan sendiri-sendiri serta percaya diri mereka sendiri dapat merampungkan problemnya. Walau sebenarnya, mereka harus juga mempunyai akses info serta akses pada beberapa orang yang pakar di bagiannya seperti mentor.

Banyak juga pelaku bisnis pemula yang kurang penelitian.

“Banyak yang begitu lack of research. Mereka hanya mikir barang ini laris, tapi tanpa ada penelitian. Penelitian butuh dikerjakan serta umumnya start up kurang mengerjakannya,” katanya.

Hoby dapat juga jadi pintu masuk melakukan bisnis. Waktu product dari hasil hoby itu di pasarkan ke umum, waktu itu juga lah penelitian jalan.

“Jual kan satu diantara sisi dari penelitian serta validasi product,” papar Agni.

Ia juga berikan anjuran pada beberapa pelaku bisnis pemula untuk mulai usaha berdasar pada problem.

“Contoh, ojek on-line. Dia dari mulai problem kesusahan akses, macet, serta beda sebagainya. Dia dari mulai masalah jadi dia paham masalah apa yang juga akan dikerjakan dengan product serta jasa mereka,” kata dia.

Leave a Reply